Mata Terkena Cairan Pemutih Pakaian

Keseharian kita memang nggak bisa terlepas dari produk yang mengandung berbagai bahan kimia, mulai dari obat untuk perawatan wajah, rambut, badan bahkan cairan pembersih barang rumah tangga lainnya. Dalam penggunaan produk yang mengandung zat kimia kita harus lebih berhati-hati, jangan sampai zat asing tersebut masuk ke dalam mata kita.


Ceritanya beberapa bulan kebelakang mata kanan saya terkena percikan pemutih pakaian, karena panik, saya langsung mencuci mata menggunakan air keran. Tanpa berlama-lama, saya pergi ke klinik di dekat rumah, namun ternyata dokternya nggak berani meresepkan obat dan saya hanya diberi surat rujukan untuk periksa ke spesialis mata.


Mengingat sedang dalam masa pandemi Covid19, saya agak khawatir juga kalau harus periksa ke Rumah Sakit. Alhasil sepulang dari klinik, saya sibuk googling untuk cari klinik spesialis mata terdekat dan akhirnya ketemu!

Sesampainya di klinik spesialis mata, saya harus registrasi. Selang beberapa menit kemudian, saya dipanggil ke Ruang Visus, ruang untuk pengecekan mata. Di sana saya ditanya perihal keluhan, tes baca huruf dan tes tekanan bola mata.

Setelah selesai dari Ruang Visus, kemudian saya diarahkan ke Ruangan Dokter. Di sana mata saya diperiksa menggunakan alat periksa yang dikhususkan untuk melihat kondisi mata. Dokternya bilang bahwa mata saya aman, kornea saya nggak terganggu, dan saya hanya diberi resep obat tetes mata untuk melembabkan mata juga tetes steroid. Frekuensi penggunaan tetes matanya yaitu setiap 2 jam sekali, agak peer juga sebetulnya, tapi saya tetap rutin pakai dan nggak pernah terlewat satu pun.


Pertolongan Pertama Jika Mata Terkena Cairan Pemutih Pakaian


Aliri air pada mata yang terkena cairan
Usahakan aliri mata dengan air yang banyak di air yang mengalir selama 5 menit. Mulai dari ujung mata yang tidak terkena cairan ke ujung mata lainnya. Untuk tutorialnya kalian bisa cari di YouTube dengan keyword “irigasi mata”.

Dilarang mengucek mata!
Ketika mata kalian terkena cairan kimia mungkin akan terasa sedikit perih atau gatal, akan tetapi jangan sampai kalian kucek karena seandainya cairan kimia masih tertinggal di mata, maka ia akan menyebar ke bagian yang tidak terkena percikan.

Segera periksakan ke Dokter Spesialis Mata
Kuncinya adalah jangan dibiarkan lama! Trauma Kimia pada mata itu harus segera ditangani. Mata adalah organ vital, jika telat ditangani, bisa bisa kehilangan penglihatan.


Bertanya kepada dokter nggak ada salahnya kok!
Dokter kedua di tempat saya periksa bilang bahwa seharusnya pada saat kunjungan pertama ke dokter mata, prosedur yang harus dilakukan adalah irigasi dan cek Ph mata untuk mengetahui kadar cairan kimia yang terkena mata kita. Akan tetapi prosedur tersebut telat saya dapatkan, mata saya baru dicek Ph-nya setelah satu minggu dari kejadian, di tempat dan dokter yang berbeda.


Gunakan obat tetes secara teratur
Jangan lupa untuk selalu tanyakan dosis dan jangka penggunaan obatnya kepada apoteker, karena ada beberapa obat tetes mata yang mengandung steroid atau antibiotik, yang mana nggak boleh digunakan jangka panjang apalagi tanpa pengawasan dokter. Menurut informasi yang saya dapat dari dokter, penggunaan tetes yang mengandung steroid dapat membuat lapisan dari mata kita menjadi tipis dan ada beberapa efek samping mengerikan lainnya.

TIPS BEROBAT KE DOKTER SPESIALIS MATA UNTUK TRAUMA KIMIA


Kali ini saya akan kasih tau supaya mata yang terkena cairan kimia cepat ditangani dengan baik:


Pertama, setelah melakukan pertolongan pertama di rumah dengan mengaliri mata dengan air bersih, kalian harus langsung pergi ke Rumah Sakit atau Klinik Spesialis Mata.


Kedua, Tanyakan pada dokter apakah perlu untuk dilakukan irigasi mata.


Setelah itu, tanyakan apakah Ph mata kalian sudah normal dan tidak ada cairan kimia yang masih tertinggal.


Terakhir, dengarkan instruksi dan saran dokter atau apoteker mengenai penggunaan tetes mata.

Jangan anggap remeh jika seandainya mata kalian terkena zat kimia, apalagi cairan kimia basa, karena zat tersebut bisa menembus ke mata kalian lebih cepat dari cairan kimia yang bersifat asam.

Menjaga kesehatan dan keselamatan mata merupakan satu hal yang terkadang kita kurang perhatikan, oleh karena itu jangan nunggu sakit baru sadar ya. Jangan lupa selalu jaga kesehatan mata kalian!

Leave a comment