Masker Alami untuk Mencerahkan Kulit

*sumber: akurat.co

Mempunyai kulit cerah merupakan mimpi kebanyakan wanita. Berbagai cara akan dilakukan agar memiliki kulit putih dan cerah, mulai dari suntik vitamin C, menggunakan berbagai macam skin care dan perawatan lainnya di klinik kecantikan. Meski cara-cara tersebut sering kamu lakukan, ternyata ada beberapa kebiasaan kecil yang dapat membuat kulit wajah kamu terkadang masih terlihat kusam.

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Kulit Terlihat Kusam

Akibat Sering Terpapar Sinar Matahari dan Polusi

*sumber: pure.co.id

Terik sinar matahari dan polusi memang gak bisa dihindari dalam keseharian, apalagi untuk kamu yang punya banyak kegiatan di luar ruangan. Polusi dan debu yang berasal dari kendaraan bermotor dapat membuat kulit wajah kotor, kusam, berminyak bahkan berjerawat. Sebaiknya sebelum melakukan aktivitas di luar, kamu tidak lupa untuk menngaplikasikan pelembab dan tabir surya sehingga polusi juga sinar ultraviolet tidak langsung terkena lapisan kulitmu.

Waktu Tidur Kurang

Memiliki waktu tidur yang cukup selama 7-8 jam dalam sehari ternyata bukan hanya berdampak terhadap kesegaran tubuh saja, tetapi juga dapat membantu proses regenerasi kulit secara maksimal sehingga kulit wajah kamu akan lebih kenyal dan terlihat cerah.

Jarang Membersihkan Wajah

*sumber: shutterstock.com

Banyak dari kita terkadang malas untuk membersihkan wajah secara double cleansing rutin di malam hari, apalagi setelah lelah beraktivitas seharian. Kebiasaan buruk yang satu ini perlu kita hentikan, karena sisa makeup yang masih menempel pada kulit mempunyai efek yang berbahaya. Kandungan kimia pada make up akan membuat kulit wajah sulit bernapas sehingga dapat menimbulkan jerawat dan juga komedo.

Kurang Asupan Buah dan Sayur

*sumber: shutterstock.com

Sayur dan buah-buahan memiliki banyak macam vitamin yang bisa berguna untuk menjaga kesehatan kulit kamu dari dalam. Vitamin A, C dan E yang terkandung dalam sayur juga buah sangat berperan penting untuk membuat kulitmu menjadi kenyal dan cerah. Jadi, jangan lewatkan konsumsi buah dan sayur ya!

Tidak Pernah Melakukan Eksfoliasi

*sumber: shutterstock.com

Eksfoliasi atau melakukan scrubbing wajah merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Sisa make up dan debu yang menempel di wajah jika dibiarkan akan bertumpuk dan membuat kulit wajah kita terlihat kusam lho! Sebab itu, kamu harus rajin untuk eksfoliasi kulit wajah maksimal 1 bulan 2 kali.

Namun tak perlu mengeluarkan biaya ratusan bahkan jutaan rupiah untuk mendapatkan kulit yang cerah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Selain mudah didapat, kamu bisa menghemat waktu dan gak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk sekali perawatan di klinik kecantikan.

3 Bahan Alami yang Terbukti Dapat Mencerahkan dan Membuat Kulit Lebih Sehat

1. BENGKUANG

*sumber: hipwee.com

Gak usah meragukan khasiat buah yang satu ini, bengkuang memiliki banyak kandungan gizi juga vitamin penting antara lain mineral, vitamin C, vitamin E yang berguna untuk mencerahkan dan memberi kelambaban kulit. Selain itu asam folat dan vitamin B6 yang terkandung dalam bengkuang dapat mengobati jerawat, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah iritasi, ruam kulit dan memperbaiki pigmen kullit akibat sinar matahari.

Cara membuat masker dari bengkuang:

  • Parut ½ potong bengkuang
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan leher
  • Diamkan selama 30 menit atau 1 jam
  • Setelah itu, lakukan gerakan pijat memutar secara perlahan agar kotoran yang menempel di kulit dapat terangkat
  • Bilas wajah menggunakan air bersih

2. LEMON

*sumber: purenature.co.nz

Buah yang terkenal karena banyak mengandung vitamin C dan antioksidan ini juga terbukti dapat mencerahkan kulit dalam waktu yang singkat. Antioksidan yang terkandung dalam lemon mampu menangkal radikal bebas dan membuat kulit yang tadinya sudah teroksidasi akibat sinar matahari akan jauh lebih cerah.

Ada 2 cara untuk mengaplikasikan masker dari buah lemon, yaitu:

Cara pertama:

  • Peras 1 buah lemon
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan leher
  • Tunggu sekitar 20 menit
  • Lalu bilas dengan menggunakan air bersih

Cara kedua:

  • Potong buah lemon menjadi empat bagian
  • Ambil 1 potong buah lemon dan lakukan gerakan pijat memutar pada wajah
  • Setelah memijat seluruh permukaan wajah selesai, diamkan kurang lebih 5-10 menit
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air bersih

3. KACANG KEDELAI

Tak banyak orang tau manfaat dari jenis kacang ini, kacang kedelai mengandung vitamin yang dapat melembabkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, terhindar dari penuaan dini, kulit kering dan kusam. Karena kacang kedelai mengandung beberapa vitamin yang berguna untuk kesehatan kulit di antaranya vitamin A, B1, B2, B12, E, dan K.

Untuk mendapatkan kulit sehat luar dalam, kamu bisa mengolah kacang kedelai menjadi susu – lalu ampasnya kamu bisa gunakan untuk masker juga scrub.

Cara membuat masker menggunakan kacang kedelai:

  • Ambil segenggam kacang kedelai, masukan ke dalam blender
  • Tambahkan air sekitar 30-50 ml
  • Blender kacang kedelai sampai halus
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah juga leher
  • Diamkan selama 30 menit
  • Lalu lakukan gerakan pijat memutar pada wajah untuk mengeksfoliasi kulit mati 
  • Bilas dengan menggunakan air bersih

Nah, mudah bukan? Dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu bisa mendapatkan kulit cerah tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal itu. Coba praktikan sendiri di rumah dan dapatkan khasiatnya!

Leave a comment