Foto Wisuda di Jonas dan Papyrus Bandung

Ada yang mau wisuda nih, selamat ya! Pasti lagi pada sibuk persiapan dan nyari referensi foto studio kan? Wisuda merupakan salah satu hal yang istimewa dan paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa/i, jadi ngga ada salahnya untuk mengabadikan momen langka ini oleh orang dan tempat yang profesional kan.

Ceritanya tahun lalu dengan berbagai pertimbangan, antara mau foto di tempat wisuda, Jonas atau Papyrus. Dan setelah nanya-nanya ke CS di 2 studio foto ternama di Bandung, akhirnya aku memutuskan untuk pilih mengabadikan momen wisuda di Jonas Photo. Kenapa aku pilih Jonas? Selain menawarkan paket yang bisa dibilang cukup murah, aku ketagihan dengan service fotografer nya dan hasil foto yang pernah aku dapet memang lumayan memuaskan. Karena kebetulan aku juga belum pernah foto di Papyrus, jadi aku ambil yang udah aku tau aja.

Pricelist Paket Foto Wisuda Minimalis
Paket Platinum Gold dan Premiun Jonas Photo

Ini beberapa pilihan paket yang disediakan Jonas Photo. Pada saat wisuda tahun 2018 kemarin – aku pilih paket minimalis E karena memang cuma bertiga, maklum belum ada yang bisa diajak foto keluarga wkwk.

Singkat cerita, karena aku kejebak macet di jalan, sampai di Jonas nya keduluan orang lain. Aku dapet nomor antrian ke 27, sedangkan pada saat kita dateng – antrian masih nomor 11 kalau ngga salah. Pada akhirnya kita nunggu kurang lebih 2 jam, dan agak insecure karena orang tua udah keliatan bete tapi tetep mencoba sabar demi anaknya ini. Untung aja waktu giliran foto kita dapet fotografer cewek yang seru, jadi ngga bete lagi deh mereka.

Oh ya, di Jonas ini udah ngga bisa pake sistem booking kalo ambil paket yang harganya terbilang murah. Kata CS nya sih kita bisa booking kalau kita pesen paket yang 800 ribu alias paket minimalis B.

Dari pengalamanku foto studio, kayanya Jonas yang terletak di Jalan Buah Batu Bandung ini lebih nyaman. Selain ada beberapa studio, di Jonas ini ada kaca yang ukurannya cukup besar di dalem studio nya. Jadi bisa sambil intip-intip ngaca selagi difoto sama fotografernya.

Untuk paket yang aku ambil, nanti hasil fotonya kita dapet 3 foto album ukuran 4R dan 1 foto dengan frame ukuran 12R. Sayangnya dari beberapa hasil foto yang diambil, kita hanya diperbolehkan pilih 3 aja. Sisanya kalau mau ikut dimasukan ke dalam CD harus nambah 50k untuk 1 soft file foto.

Untuk hasil foto wisuda ini bisa diambil seminggu setelah sesi pemotretan. Hasil fotonya bagus ngga sih? IMHO brightness nya sih cukup, hanya saja terlalu smooth, alhasil kurang natural dan jadi terkesan kaya pake efek beauty.

Karena aku ambil paket minimalis, hasilnya ngga ada yg full body, paling ada yang 3/4 badan. Kesimpulan untuk foto di Jonas dengan apa yang didapatkan kemarin – ngga jadi masalah sih buat aku, yang terpenting momen wisuda tertabadikan.

PAPYRUS PHOTO

Kita bandingkan dengan Studio Foto Papyrus. Dari segi harga, Papyrus mematok sedikit lebih mahal untuk paket Graduation, tapi hasilnya bisa untuk sampai full body.

Paket Graduation Papyrus
Graduation Package Papyrus
Hasil Album Paket Wisuda Triple
Hasil Album Paket Wisuda Triple

Kalau mau lebih ngirit, buat yang fotonya cuma berdua atau bertiga bisa pilih paket Photo Story I atau II. Tapi mereka cuma menyediakan background polos untuk paket Photo Story.

IMG-20190122-WA0000
Paket Photo Story

Pengalamanku foto di Papyrus yaitu pada saat aku bikin foto full body untuk persyaratan kerja, aku ambil studio yang terletak di salah satu mall di Bandung. Service fotografernya sih memang sama ramahnya kaya di Jonas, tapi dalam urusan mengarahkan – aku dapet fotografer yang kurang attention to detail. Ngga sama seperti di Jonas, yang kalau rambut atau bajunya kusut dikit, benerin dulu sampai keliatan proporsional di kamera.

Maka dari itu untuk hasilnya kurang rapi, salah satu contohnya blazer-ku yang hasilnya agak mencong sedikit karena ngga dikasih tau mas fotografer nya. Untuk editannya memang yang Papyrus terlihat lebih natural, ngga se-kontras editan Jonas. Tapi balik lagi kita ambil studio yang di mana dan tergantung fotografernya mungkin ya.

Kesimpulannya, kalau aku pribadi prefer Jonas sih. Mulai dari harga, studio di Bandung nya ada beberapa yg lumayan besar dan editannya pun lebih suka Jonas meskipun bright & smooth nya agak over (mungkin kalau ngga mau terlalu over, kita bisa request sebelumnya), tapi buatku ngga masalah karena mengingat kulitku gelap jadi lumayan keliatan cerah gitu lah ya meskipun cuma di foto hahaha.

Nah, kalau kalian team mana – Jonas atau Papyrus?

Leave a comment